Sumber : Dokumentasi Pribadi

SEMARANG, KABARFREKUENSI.COM- Kamis (20/6), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Walisongo berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan Kuliah Umum mengenai wawasan kebangsaan mahasiswa dalam pembangunan nasional. Acara yang terbuka untuk umum ini bertempat di Gedung Rektorat Lantai 4 UIN Walisongo. Selain ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh para dosen dan beberapa pejabat kampus maupun BRIN.


Amarulla Octavian, Wakil Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional sebagai narasumber di acara ini. Beliau memaparkan terkait faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan bangsa dengen meningkatkan kualitas SDM. "Sejarah membuktikan bahwa keunggulan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas SDM yang dimiliki, semakin tinggi kualitas SDM, maka bangsa tersebut semakin unggul," papar Amarulla.


Niswatus Shabrina, moderator juga menjadi panitia dalam kegiatan ini, mengungkapkan bahwa DEMA UIN Walisongo ingin meningkatkan kesadaran mahasiswa sebagai putra bangsa yang berperan penting dalam pembangunan nasional. "Banyak sekali kita lihat mahasiswa saat ini kurang peduli terhadap perkembangan dan kemajuan bangsa. Kami berharap mahasiswa dapat sadar dan melek berbagai ilmu untuk berperan terhadap pembangunan bangsa," tambah Shabrina.


Acara ini mendapatkan respon positif dari para peserta, salah satunya Naufal Hafiz, mahasiswa jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Ia sangat antusias dengan terselenggaranya acara ini. "Acara ini sangat bagus, karena dengan acara ini kita bisa mengetahui pembahasan wawasan nasional dan kancah ke internasional, jadi sebagai mahasiswa kita mengetahui dasar atau hal yang dapat dilakukan untuk bisa lebih membantu ke ranah internasional," ucap Naufal ketika diwawancarai.


Redaktur : Muhammad Nazih

Editor : Rifaatus