Sumber : Dokumentasi Kontributor

Kendal, KABARFREKUENSI.COM-Anggota Kuliah Kerja Nyata Mandiri Pengakuan (KKN MP) Nawasena selenggarakan seminar digital marketing pada Sabtu (20/7). Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah pengabdian KKN MP Nawasena yaitu Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Kec. Limbangan, Kab. Kendal. Peserta yang hadir merupakan masyarakat yang memiliki usaha UMKM di Dusun Watulawang.

Seminar digital marketing yang mengusung tema “Mengoptimalkan Strategi Digital Marketing Guna Meningkatkan UMKM di Dusun Watulawang” dimulai pada pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.30 WIB. Pemateri yang dihadirkan adalah Failasofa Shidqi Novian yang merupakan staf Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Sofa memberikan tips dalam memasarkan produk di platform media sosial dengan menggunakan tanda pagar atau hashtag tidak lebih dari lima dan konsisten dalam melakukan pemasaran produk. 

"Selain itu, yang paling penting ketika mendapatkan klien atau customer yaitu dengan melayaninya menggunakan kata yang baik dan enak untuk diterima customer serta fastrespon", ungkap Sofa. 

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan para peserta mendapat tambahan pengetahuan tentang digital marketing yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk menjadi salah satu strategi pemasaran di tengah persaingan antar UMKM.

"Harapannya dari temen-temen KKN ini bukan hanya sekadar memberi manfaat saja tetapi bisa memberi dampak dan perubahan yang lebih positif untuk masyarakat Dusun Watulawang. Dari hal yang kecil saja yaitu bisa membuka cakrawala baru di Dusun Watulawang yang berkaitan dengan meleknya teknologi digital marketing sehingga masyarakat Dusun Watulawang ini bisa memasarkan produknya lebih luas, lebih banyak, dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga", pungkasnya.


Kabar : Nuril Fajri Amalia (Kontributor)

Editor : Rifaatus (Kru LPM Frekuensi 22)